Reboot Router MikroTik dengan PHP

Reboot Router MikroTik dengan PHP
Reboot Router MikroTik dengan PHP

Melanjutkan pembahasan sebelumnya mengenai pemanfaatan API untuk kolaborasi PHP dengan MikroTik, kalau pada artikel yang lalu saya sudah membahas mengenai cara membuat koneksi dari PHP ke MikroTik, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara melakukan Reboot Router MikroTik dengan PHP.

Dalam dunia networking, sebuah sistem operasi yang digunakan sebagai router fitur reboot/booting ulang merupakan hal yang sangat penting. Reboot atau bisa juga disebut restart sistem operasi merupakan proses dimana sistem dimuat ulang. Pada proses utama, saat sistem menyala dari titik awal, semua peripheral (hardware dansoftware) pendukung sistem operasi akan dilakukan cross cek. Sehingga dengan dilakukan reboot, akan didapatkan beberapa manfaat seperti sistem menjadi fresh kembali, karena semua proses akan diawali dari titik semula, selain itu reboot juga dapat meringankan beban dan kinerja sistem yang tadinya sudah terlalu berat menjalankan berbagai fungsi.

Pada Router MikroTik, sintak untuk melakukan reboot via terminal yaitu system/reboot. Nah, mari kita eksekusi sintak tersebut dari PHP. Perhatikan gambar berikut.

Source code Reboot Router MikroTik dengan PHP
Source code Reboot Router MikroTik dengan PHP

Ket:
$API->write ….. // digunakan untuk mengeksekusi perintah system/reboot di router MikroTik
$API->read …. // digunakan untuk membaca hasil eksekusi dari $API->write

Simpan kode di atas pada sebuah file dengan ekstensi .php kemudian lakukan ujicoba melalui browser. Jika berhasil maka seharusnya akan tampil tulisan Mikrotik Berhasil di Reboot via PHP. Lihat gambar berikut.

Status Reboot Router MikroTIk dengan PHP
Status Reboot Router MikroTIk dengan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *