Mengenal cara menulis variabel PHP

cara menulis variabel php
cara menulis variabel php | Lensakom

Cara menulis variabel PHP, pada postingan ketiga Lensakom akan membahas memngenai variabel pada PHP. Variable (variabel) pada pemograman PHP digunakan untuk menampung atau menyimpan nilai sementara baik itu nilai dari inputan user atau nilai yang kita definisikan. Melalui variabel kita dapat memanipulasi data inputan agar menjadi nilai yang diinginkan. Konsep variable pada PHP sama dengan konsep variable pada bahasa pemograman lainnya, Namun PHP memiliki beberapa aturan tentang cara penggunaan dan penulisan variabel. Secara ringkas, Aturan atau cara penulisan variable (variabel) pada PHP adalah sebagai berikut.

Aturan atau cara menulis variabel PHP:

  1. Penulisan variable (variabel) pada PHP harus di awali dengan tanda Dollar ($) contoh : $a (baca variabel a)
  2. Setelah tanda Dollar ($), Penulisan variable (variabel) pada PHP harus di awali huruf atau underscore (_).  contoh : $_a (baca variabel a)
  3. Aturan terakhir penulisan variable (variabel) pada PHP setelah tanda Dollar ($) tidak boleh di awali dengan angka. contoh : $123;

Catatan :

Penulisan variabel pada PHP bersifat case sensitif (huruf besar dan huruf kecil dibedakan). contoh : $tuliskode; berbeda dengan  $Tuliskode;

Dari aturan penulisan variabel pada PHP yang telah kita bahas diatas, berikut contoh lengkap cara penulisan variabel yang benar dalam PHP:

1
2
3
4
<?php
   $tuliskode;
   $_Tuliskode;
?>

Cara memberikan nilai pada variabel PHP:

Cara memberikan nilai pada variabel PHP sama seperti pada sebagian besar bahasa pemograman yang lain yaitu menggunakan tanda ‘=‘ (sama dengan). Operator ini sering dikenal dengan istilah sebutan Assignment Operators sedangkan perintah pemberian nilai pada variabel disebut assignment. Ada juga istilah inisialisasi untuk penyebutan bagi variabel yang belum pernah digunakan, dan langsung diberikan nilai awal.

Contoh cara memberikan nilai awal (inisialisasi) kepada variabel PHP:

1
2
3
<?php
$tuliskode = 'Hello';
?>

Cara menampilkan nilai atau isi variabel PHP:

Untuk menampilkan nilai atau isi dari variabel PHP, kita dapat menampilkannya dengan perintah echo atau print, seperti berikut ini:

1
2
3
4
<?php
$tuliskode = 'Hello';
echo $tuliskode ;
?>

Hasil yang didapat adalah:

1
Hello

Demikian tutorial ringkas mengenai variabel pada PHP, Semoga bermamfaat..

Beri Komentar Anda